SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Thursday, April 19, 2012

Kreasi Applique Pertamaku

Jumpa lagi...
Applique adalah salah satu ketrampilan yang sangat saya sukai. Meskipun pada mulanya jahitan sangat jelek & tidak rapi. Saya mempelajari applique dengan intensif sejak 3 tahun lalu dibawah bimbingan Cikgu Rohana Saadan, tante suamiku. Dari jahitan yang hancur & jauh sekali dari rapi sampai akhirnya jahitan saya mencapai kualitas yang rapi & cantik. Prinsip-prinsip menyulam dengan tangan yang sudah saya pelajari dari ibu sejak remaja sangat menolong saat ini. 

Jenis applique yang saya pelajari pertama sekali adalah hand applique/aplikasi jahitan tangan. Teknik yang dipakai adalah teknik jahitan blind stitch & blanket stitch. Berikut ini saya tampilkan hand applique pertama saya yang menggunakan 2 teknik itu.

Ini adalah alas meja makan. Perhatikan dengan teliti jahitan blind stitchnya masih sangat kasar, masih nampak benangnya.



Gambar selanjutnya di bawah ini semua menggunakan jahitan blanket stitch. Juga masih kasar & agak asal-asalan. (Hehehehe...malu lihatnya...tapi, inilah evolusi jahitan saya mulai 3 tahun lalu!!)






Ini pula kreasi applique untuk hiasan dinding. Perlu waktu yang lama untuk menyiapkannya saat itu. Berkali-kali harus dibuka karena tidak rapi & bulu kain keluar. Tapi, alhamdulillah..akhirnya siap juga dengan jahitan yang lebih improve dari jahitan pertama. Ayoo...coba perhatikan foto berikut ini..:)


Berikutnya Hawaiian Applique yang pertama saya buat...ini coraknya..:)


Sepertinya cukup ya pengenalan terhadap kreasi applique pertama saya. Semoga bisa jadi pendorong semangat untuk teman-teman yang baru mulai mengenal applique & jahitannya masih amburadul. Coba, coba, dan coba, itulah kuncinya. Jadi jangan putus asa! Banyakkan lagi menjahit, insyaallah jahitan akan semakin baik hari ke hari. Ok...caiyyyo...!!!

2 comments: