SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Wednesday, April 18, 2012

Mengenal Paper Quilling

Paper Quilling sebenarnya sudah kita kenal dari kecil lagi. Saat kita di taman kanak-kanak/tadika, bu guru  sudah mengajarkan kita untuk menggulung-gulung kertas & ditempelkan di karton manila. Atau kadang-kadang digulung & disambung-sambung utk dijadikan gelang, kalung atau untuk menghias ruang kelas.

Dalam Wikipedia, Quilling diartikan seperti berikut:

Quilling or paper filigree is an art form that involves the use of strips of paper that are rolled, shaped, and glued together to create decorative designs. 

Maksudnya lebih kurang begini:


Paper Quilling adalah salah satu seni menggunakan kertas yang digulung, dibentuk & direkatkan menjadi sebuah desain yang dekoratif.


Dengan berbagai teknik menggulung yang semakin berkembang, gulungan-gulungan yang berbentuk lingkaran tersebut dapat diubah jadi berbagai bentuk. Diantaranya bentuk kelopak bunga yang apabila disusun akan dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis bunga. Lingkaran-lingkaran kertas itu juga bisa dibuat berbagai ornamen berbentuk 3D. 


Walaupun jenis kerajinan ini sudah saya kenal dari sejak kecil, tapi secara teknikalnya saya mulai mempelajarinya 2010 lalu, saat saya menghabiskan cuti persekolahan di Banda Aceh. Adik bungsu saya mengajarkan saya cara-cara menggulung kertas menjadi bentuk-bentuk yang menarik dengan menggunakan alat-alat khusus yang sangat sederhana, seperti gambar di bawah:




Lihat jarumnya begitu sederhana, beli online di Craftmania Craftmaniaa, sebuah situs jualan online di Jakarta, Indonesia. Begitu juga paper khususnya. Rol bulat yang berlubang-lubang itu beli di sebuah toko stationery di Peunayong, Banda Aceh. Rol itu sangat menolong untuk mendapatkan ukuran gulungan kertas yang kita inginkan.


Bandingkan dengan peralatan seperti gambar di bawah ini:


Semua peralatan ini sudah lebih improve dari yang pertama. Saya memperolehnya dari Kelas Paper Quilling Dasar (Quilling Beginner Class 1), yang diadakan oleh  Aifel Craft Cottage. Cikgunya Mrs Pei Pei.


Setelah mengikuti kelas asas ini, kemahiran saya bertambah & ilmu baru pun diperoleh. Banyak trik & tip-tip baru saya pelajari. Walaupun kelas berlangsung singkat, tapi begitu menyenangkan. 


Ini dia kreasi pertama saya:















Ok, saya rasa itu dulu entri tentang paper quilling untuk hari ini. Di entri berikutnya saya akan postkan kreasi-kreasi paper quilling yang sudah saya buat selepas mengikuti kelas dasar quilling. Ok..see u...








2 comments:

  1. woow bunda irai ni ternyata buanyaaaak bisanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. woooow...baru sadar ada komen di sini...maaaaaf..bunda rodya...br dirply...alhamdulillah...pengen terus byk bljr lagi hal2 yg berkenaan dg ketrampilan tangan...krn mmg sukaaaa sekali...makasih udh mampir...^^

      Delete