SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Wednesday, May 21, 2014

CARA MEMBUAT BISBAN SENDIRI (1)

Salam semuaa...^^


Beberapa waktu yang lalu, seorang teman dari Banyuwangi, Jawa Timur, Echa, bertanya pada saya bagaimana cara membuat bisban sendiri. Saya terus berpikir untuk menulisnya di blog, agar teman-teman yang lain pun dapat mengetahui caranya. 

Berusaha untuk mencari kata "bisban" dalam bahasa Inggris, tapi diartikan dengan "piping". Padahal bukan itu yang dimaksudkan. Akhirnya saya tetap memakai kata "bisban" tersebut. Saya berharap dengan penjelasan dan gambar-gambar yang disediakan berikut ini, bisa juga membantu teman-teman di Malaysia memahami apa yang menjadi topik kali ini.

Tulisan ini saya bagikan dua. Pertama, kita akan mempelajari cara membuat bisban lurus. Bisban jenis ini sering digunakan untuk menutup pinggiran quilt yang lurus, seperti contoh di bawah ini:


contoh penggunaan bisban lurus
Cara membuat bisban jenis ini adalah sebagai berikut:



1.Lipat kain menjadi dua dengan mempertemukan pinggirannya, seperti pada gambar.  

melipat dua kain


2. Lipat dua lagi menjadi empat bagian lipatan, seperti ini. Jika menggunakan gunting untuk memotong, dua cara berikut ini bisa ditinggalkan. Sebab akan terlalu susah memotongnya nanti, karena lipatan kain terlalu tebal.


kain dilipat menjadi empat lipatan
3. Dan, terakhir lipat dua lagi sehingga menjadi delapan lipatan.


kain dilipat menjadi delapan

4. Susun kain yang telah dilipat tersebut di atas cutting mat dengan baik dan rapi. Perhatikan gambar di bawah ini, pinggiran kainnya tidak sama rata. Jika menggunakan gunting beri garis penanda agar mudah merapikannya nanti.


menyusun kain di atas cutting mat
5. Gunakan rotary cutter atau gunting untuk memotongnya. Hasil akhirnya, pinggiran kain akan rapi, seperti pada gambar di bawah ini.


merapikan pinggiran kain

6. Langkah selanjutnya adalah memotong sesuai ukuran bisban yang kita inginkan. Biasanya untuk quilt yang tidak terlalu tebal, lebar bisbannya 2.25 inci setiap lembarnya. Jika memakai gunting, beri garisan terlebih dahulu, agar mudah waktu memotongnya nanti. Bisban pun siap dipotong.


potong bisban sesuai ukuran yg diperlukan
7. Inilah bisban yang siap digunakan.


bisban yg siap digunakan

8. Untuk bisban yang lebih panjang, maka diperlukan penyambungan dua bisban. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini untuk cara penyambungannya.


menyambung bisban (1)

menyambung bisban (2)

9. Selanjutnya, setelah sambungan disetrika dengan lipatan yang terbuka, lipat dua bisban tersebut dan setrika kembali agar rapi.
menyambung bisban (3)

Akhirnya selesai sudah bisban lurus kita. Gulung dengan rapi dan simpan dengan baik agar tidak berkerut sehingga mudah digunakan. 


Untuk cara menjahit bisban atau istilah Inggrisnya "binding", akan saya tulis khusus nanti. Sebelum itu saya akan menulis terlebih dahulu cara membuat bisban lengkung atau istilahnya "bias tape".

10 comments:

  1. Mksh mbk ilmunya....mbk, beli alas buat momong dan penggaliannya itu dimana ya? Adakah yg jual online? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mbak...trmksh udh berkunjung. Tentang alas buat motong, dipanggil CUTTING MAT, byk online shop yg jual di Indonesia. Offline pun ada.. Online coba di Mutiara Craft atau SQI Fabric..

      Delete
  2. I learn a lot from this blog, thank you so much, Barokallah

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing.. Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete
  4. terimakasih ilmunya... sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar

    ReplyDelete