SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Saturday, March 22, 2014

Tutorial "TERATAI" Bag

Salam semuaaa...jumpa lagi kita di sini. Kali ini saya ingin bagi-bagi ilmu lagi dengan tutorial.  Yaitu, tutorial  membuat tas yang bernama "Teratai", karena bentuk setelah jadinya memang mekar seperti teratai...^^. Resep aslinya saya dapat dari website GourmetQuilter. Kemudian saya apresiasikan sendiri menjadi tutorial ala saya berikut ini...^^




Bahan-bahan yang perlu disiapkan:



1. Kain untuk bagian luar17" x 17", 1 lembar
2. Kain untuk lapisan dalam, 17" x 17", 1 lembar
3. Renda katun, 1.5 meter
4. 2 utas tali, masing-masing berukuran 20 inci
5. Benang jahit.
6. 2 strip kain penutup tali, 2 1/4" x 1 1/4" (terlupa memotonya...^*)


Berikut, mari kita ikuti langkah-langkah menjahitnya:

1. Pertama-tama siapkan kain luar dan kain lapisan dalam, yang berukuran 17" x 17". Gabungkan keduanya dengan permukaan yang bagus bertemu. Rapikan pinggir-pinggirnya. Perhatikan gambar-gambar di bawah ini.


bahan utama, dua lapis kain
merapikan pinggiran kedua lapis kain tsb
dua lapisan kain yang sudah rapi
2. Jahitkan renda katun di sekeliling kain bagian luar, seperti pada gambar ini:

menjahit renda katun
kain luar yang sekelilingnya sudah dijahitkan renda katun
3.  Berikutnya, satukan kembali kedua kain tsb, dengan bagian bagusnya bertemu. Jahitlah sekelilingnya, dengan menyisakan lebih kurang 3 inci untuk lubang membalikkannya nanti. 


jahit sekelilingnya
Untuk jahitan yang perlu dibalik begini, bisa dilihat tutorial lengkapnya di link ini.


4. Setelah proses menjahit dan membalik selesai dilakukan, setrika jahitan agar rapi.


setrika jahitan agar rapi

5. Proses selanjutnya, bentangkan kain yang telah rapi tersebut dan lipat ke empat sisi seperti gambar di bawah ini. Lipatan kain berbentuk segitiga dengan lebar lipatan 6 inci. Berikan pentul agar lipatan tidak bergerak sewaktu dijahit nanti. 


lipatan kain untuk kelopak

6. Kemudian jahit sepanjang segitiga dengan lebar jahitan 0.5 inci. Perhatikan gambar di bawah ini.

  
batas jahitan segitiga

jahit ke empat lipatan segitiga

7.  Proses selanjutnya adalah menyiapkan tutup untuk tali. Potong kain 2 strip, dengan ukuran masing-masing 2 1/4 " x 1 1/4". Lipat kedua ujungnya ke dalam, kira-kira 1/4 inci. Lalu lipat dua. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.


cara melipat penutup tali
Selanjutnya jahit tepi kiri dan kanan, kemudian balikkan. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya. Setrika agar rapi dan simpan terlebih dahulu.

jahit kiri kanan dan balikkan

8. Kembali ke proses menjahit tasnya, yaitu memasukkan tali. Pertama sekali lipat dua terlebih dahulu tasnya. Tujuannya agar kita dapat mengetahui lubang mana tempat memulai dan mengakhirinya di kiri dan kanan. Masukkan tali ke lubang dari jahitan bagian segitiga tadi satu persatu. Untuk memudahkan dapat menggunakan loop tuner. Bagaimana caranya, dapat dilihat di Mengenal Loop Tuner.


proses memasukkan tali

Untuk cara memasukkan tali ganda lebih lengkap, dapat diikuti tutorialnya di postingan Cara Memasukkan Tali Serut Ganda.

9. Setelah proses memasukkan tali selesai, maka tutup kedua ujung tali dengan penutup yang telah dipersiapkan tadi. Jahit bagian atasnya untuk menguatkan. Gambar di bawah ini dapat menunjukkannya dengan lebih jelas. 



menutup tali dengan penutup

10. Akhirnya tas TERATAI pun siap untuk digunakan. Ini adalah bagian depan ketika tas sudah diserut. 

penampakan tas dari depan

Dan ini pula penampakan tas dari belakang.


penampakan tas dari belakang

Selesai sudah tutorial tas Teratai ini. Tas ini bisa digunakan untuk membungkus piring atau kotak makanan agar mudah dibawa. Atau bisa juga untuk mengisi peralatan jahitan untuk bepergian. Bentuknya yang fleksibel membuat banyak barang bisa dimasukkan ke dalamnya.

tas ini mudah digantung

Coba juga buat dengan ukuran yang lebih kecil, seperti contoh di bawah ini. Kain yang digunakan berukuran 5" x 5". Tas-tas mungil ini bisa diisi koin, bros-bros kecil, gula-gula/permen.  Disamping itu bisa juga diisi poutpuri dan digantung di mobil, untuk pengharum. 


tas teratai mungil



Kalau di Malaysia, dengan ukuran yang agak lebih besar tentunya, sangat sesuai juga digunakan sebagai wadah mengisi telur rebus, yang sering dijadikan  suvenir di pesta pernikahan. Ternyata banyak fungsi yang bisa diperoleh dari kreasi sederhana ini. Ayoo..teman-teman dicoba...sangat senang menjahitnya...!! Semoga tutorialnya bisa diikuti dengan mudah yaa...^^. Selamat berkreasi.


5 comments:

  1. suka sekali.....kak Rai. aku baru mo belajar njahit nie....boleh yaaa jadi muridnya. Masih belajar istilah2nyaaa.....batting, interfacing, dlll...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhmdlh..kalo disukai...iyaa..silakan ikuti terus yaa tuto di blog ini...mdh2an bisa membantu proses bljrnya..trmksh udh mampir..^^

      Delete
  2. Makasih kak irai atas tutorialnya
    Rika langsung coba n berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Rika...(Rika Delfinakah ini)...ayoo dishare di sini hasilnya...

      Delete