SELAMAT DATANG...

...selamat datang ke ONE STOP CRAFT....blog yg menjadi tempat saya menyuntik inspirasi utk lebih kreatif, aktif, produktif, & inovatif, tdk hanya utk diri pribadi tapi juga utk semua yg meminati ketrampilan (craft)....

Friday, March 21, 2014

MENGENAL SI "LOOP TURNER"


Setelah menekuni bidang jahit menjahit ini lebih dalam, ternyata banyak sekali alat dan peralatan yang dicipta untuk memudahkan kerja seorang crafter. Saya akan perkenalkan salah satunya di sini. Nama alatnya adalah "LOOP TURNER". Bentuknya seperti gambar di atas. Bagian-bagiannya terdiri dari:

1. batang besi, 
2. lubang penarik
3. penyangkut
4. penekan penyangkut.

Perhatikan gambar berikut ini untuk lebih jelas:


bagian2 loop turner

Sementara ini, saya baru menemui dua fungsi utama alat ini. Berikut ini saya jelaskan satu persatu.

1. Membantu memasukkan tali.

Dulu, sebelum mengenal alat ini, saya menggunakan peniti untuk memasukkan tali, bila ingin membuat tas serut, atau tali untuk sarung guling. Kejadian yang sering terjadi, peniti terbuka di tengah-tengah, sehingga susah untuk menyambung memasukkan talinya. Naaah...salah satu fungsi alat ini adalah untuk mempercepat proses memasukkan tali tsb. Cara-caranya bisa dilihat berikut ini.

Pertama sekali masukkan loop turner ke lubang jahitan yang telah dipersiapkan untuk tali sampai ke ujung lubang yang satu lagi.



masukkan loop turner dari lubang

ujung loop turner muncul di ujung lubang berikutnya

Kemudian, sangkutkan tali di cangkuk penyangkut (bagian 3) dan tutup sambil menekan penutup penyangkutnya (bagian 4). Perhatikan gambar ini: 

menyangkut tali di cangkuk penyangkut

Kemudian tarik perlahan-lahan tali sampai ke ujung yang pertama. Gambar di bawah ini memperlihatkan proses tersebut. Tali pun selesai dimasukkan.

menarik tali perlahan-lahan

sampai ke ujung lubang yang pertama

Fungsi yang sama juga bisa dilakukan untuk menarik masuk karet pinggang rok atau apa saja jahitan yang menggunakan karet.

2. Membantu membalik jahitan tabung (a fabric tube).

Saya pernah poskan prosesnya di Tutorial Ketupat Palas Coin Pouch, tapi tidak ada salahnya saya tambahkan di sini juga. Perhatikan gambar berikut ini:


membalikkan kain dg loop turner

Pertama sekali, seperti biasanya masukkan loop turner ke dalam lubang jahitan tabung sampai ke ujung lubang yang satu lagi. Lalu sangkutkan sedikit bagian kain di penyangkut (bagian 3), tutup dengan penekan penyangkut (bagian 4) dan kemudian tarik perlahan-lahan lubang penarik (bagian 2),  sambil memegang batang besi (bagian 1) sampai ke ujung pertama. Tarik sampai semua bagian habis terbalik. Jahitan tabung kita pun selesai dibalik dan siap digunakan. Membalik menggunakan loop turner sangat menolong apalagi bila tabung kainnya berukuran kecil.

Demikian dua fungsi utama loop turner yang sering saya praktekkan. Semoga dapat menambah referensi teman-teman tentang alat-alat craft yang bisa mempermudah kerja.

*maaf, ada kesalahan penulisan di gambar, tertulis "loop tuner", seharusnya "loop turner".

2 comments:

  1. Terimakasih untuk sharing ilmunya.. Sangat menginspirasi.. Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola pakaian beserta cara menjahitnya?.. Anda bisa memesan paket CD belajar menjahit di Fitinline..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya mbak Dwi...

      Delete