SELAMAT DATANG...

...selamat datang ke ONE STOP CRAFT....blog yg menjadi tempat saya menyuntik inspirasi utk lebih kreatif, aktif, produktif, & inovatif, tdk hanya utk diri pribadi tapi juga utk semua yg meminati ketrampilan (craft)....

Saturday, November 2, 2013

SEPATU MESIN JAHIT (Presser Foot)...(2)

Yaah...akhirnya berkesempatan juga menunaikan janji untuk bercerita tentang sepatu mesin jahit bagian kedua. Saya hanya akan menunjukkan jenis-jenisnya tanpa tutorial penggunaannya, karena perlu waktu yang lebih lama untuk menyiapkannya. Jadi, saya akan menyediakan tutorial langsung nanti disaat saya menggunakan sepatu-sepatu tersebut. Jika ada permintaan dari pembaca mungkin juga saya akan coba menyiapkan tutorialnya, sesuai dengan sepatu mana yan diinginkan.

Untuk bagian kedua ini, akan diperkenalkan 6 jenis sepatu lagi. Saya kategorikan dalam Sepatu Penting untuk Kegunaan Sehari-hari. Ok...kita mulai yaa...


SEPATU PENTING UNTUK KEGUNAAN SEHARI-HARI


1.  Sepatu Jahit Pinggir/Obras (Edge Neatening Foot)

sepatu jahit pinggir/obras
Sepatu jahit pinggir/obras

Sepatu ini adalah sepatu untuk merapikan pinggiran jahitan, atau biasa kita sebut obras. Jahitan yang didapat memang tidak seperti yang dihasilkan oleh mesin yang dikhususkan untuk itu. Jadi untuk kegunaan  darurat dan sehari-hari untuk kreasi-kreasi yang kecil, sepatu ini cukup menolong...^^ 

Untuk menjahit menggunakan sepatu ini, kita harus menggunakan corak/desain mesin berbentuk zigzag, yang biasa digunakan untuk menjahit lubang kancing atau untuk sulaman menggunakan mesin/bordir. Pada umumnya mesin jahit portabel pasti memiliki corak demikian. Di bagian bawah sepatu ini ada sebilah besi putih yang akan menggulung kain dengan sendirinya dan dibagian atasnya pula ada sebilah besi hitam yang akan menahan kain agar tetap menghasilkan jahitan yang lurus. 


2.  Sepatu Jahit Sembat/Sum/Kelim (Blind Hem Foot)

Sepatu ini sangat berguna untuk menyelesaikan jahitan sum sebuah baju terutamanya.  Pemakaiannya sangat mudah, tapi harus tetap berhati-hati agar tidak salah melipat kainnya. Bagian putih pada sepatu ini bisa digeser-geser untuk mendapatkan kedudukan jahitan yang sesuai. Caranya dengan memutar mur dibagian atas kanan, ke belakang atau ke depan. 


Sepatu Jahit Sembat/Sum/Kelim
Sepatu Jahit Sembat/Sum/Kelim

3.  Sepatu Menjahit Lubang Kancing (Automatic Buttonhole Foot)

Istimewanya sepatu ini adalah ukuran lubang yang ingin kita buat dapat diukur otomatis dengan hanya meletakkan kancing di bagian belakang sepatu ini. Bahagian ini dapat digeser sesuai dengan ukuran kancing. Jadi, kita tidak perlu lagi mengukur secara manual ukuran lubang kancing yang kita perlukan.

Sepatu Menjahit Lubang Kancing
Sepatu Menjahit Lubang Kancing

4.  Sepatu Memasang Kancing (Button Sewing Foot)

Sepatu berikut ini pula adalah sepatu yang dikhususkan untuk menjahit/memasang kancing. Dengan bantuan sepatu ini, kancing tidak perlu dijahit dengan tangan lagi.  Yang perlu diperhatikan dalam pemakaian sepatu ini adalah menurunkan gigi penolak/feed dog dengan cara memindahkan tuas ke sebelah kanan. Coba lihat kembali hal yang harus diperhatikan pada proses pemakaian sepatu bordir/sulaman mesin (darning foot) pada pos sebelum ini.

Sepatu Memasang Kancing
Sepatu Memasang Kancing


5.  Sepatu Menjahit Resleting Biasa (Zipper Foot)

Sepatu Menjahit Resleting Biasa
Sepatu Menjahit Resleting Biasa
Hampir semua mesin jahit memiliki sepatu jenis ini, dengan berbagai bentuknya. Untuk mesin yang saya gunakan, ada dua sepatu yang bisa dipakai untuk menjahit resleting. Salah satunya adalah seperti gambar di atas. Sedangkan sepatu yang lain, akan saya tunjukkan di bagian ketiga nanti. Sepatu jenis ini hanya mempunyai setengah bagian tapak besi, yang berfungsi menahan kain dan bahagian yang kosong dibuat sedemikian rupa agar kepala resleting dapat melaluinya dengan mudah dan tidak menghambat saat menjahit resleting.


6.  Sepatu Menjahit Resleting Sembunyi (Concealed Zipper Foot)

Sepatu terakhir dibagian kedua ini adalah sepatu untuk menjahit resleting sembunyi atau dulu saya kenal resleting ini disebut resleting jepang.  Sepatu ini bisa diatur kedudukannya sesuai dengan jahitan yang diinginkan. Caranya dengan melonggarkan mur berwarna hijau dan kemudian mengeser platnya ke kanan atau kiri menurut kesesuaian jahitan.

Sepatu Menjahit Resleting Sembunyi
Sepatu Menjahit Resleting Sembunyi

Alhamdulillah, puji syukur ke hadiratNya...selesai juga bagian kedua dari tiga bagian cerita tentang sepatu mesin jahit. Insyaallah bagian terakhir akan saya siapkan secepatnya, ngak pake bulan...heheheh...seperti bagian kedua ini...^-~...twink...wink...

Oya, untuk perhatian pengunjung blog yang setia, saya juga menulis jenis-jenis sepatu ini dalam bahasa Inggris. Tujuannya adalah agar teman2 bisa mencari lebih lanjut cerita tentangnya di website lain, terutama dari luar. Jadi, tinggal ketik "how to use....bla..bla..(isikan nama sepatu)"..untuk mengetahui bagaimana sepatu ini digunakan, misalnya. Atau "how to installation...bla...bla...(isikan nama sepatu)", untuk mengetahui bagaimana sepatu itu dipasang. Mudah-mudahan bisa membantu ya..!!!


Rujukan: Buku Manual "Mengendalikan Mesin Serbaguna Janome 2049-Mostwell Sdn Bhd."

Foto2: Koleksi Pribadi..



21 comments:

  1. Alhamdulillah, postingan bagian yang ditunggu, akhirnya bisa saya pelajari... :) Terimakasih banyak Mbak Raihana atas semua detil penjelasannya di postingan bagian 2 & 3-nya... sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 kasih mbak Taty...alhamdulillah sy bisa menunaikan janji saya ke semua...^^...dan smg tulisannya bisa bermanfaat ...trmksh ats supportnya yaa...tunggu post2 yg lain yaa...:)

      Delete
  2. kalau boleh tao diamana ya dapatkan alat pembuat lobang kancing toko onlinya..saya dah cari di google tp g menemukannya..trims ya atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf..br dirply..coba cari di toko sinar tiga, atau bisa juga ke malikha mesin jahit portable (fb)..sy pernah juga beli di malikha utk pembuat lubang kancing (online), dia jual satu set sekitar 15 jenis sepatu..

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. contoh sepatu di atas cocok juga ngga dengan mesin jahit manual ( di roda ) semua merek ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin jht manual bagaimana mksdnya sis? Yg ngak pake listrik maksudnya? Krn mesin jahit portable dulu2 kan ada yg ngak pake listrik juga. Saya ngk bisa kasih kepastian bisa apa ngak, semua sepatu yg sy terangkan disini bisa dipake apa ngak utk MJ manual...tapi kalau mesin jahit hitam, ada tapak khusus yg sesuai dg batangnya..
      Semoga membantu ya...trmksh sudah berkunjung..^^

      Delete
  5. Mb, saya baru belajar menjahit, nah saat saya coba mengobras dengan sepatu semi obras, tiba2 jarumnya patah, kenapa ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya bilang, saya kurang tahu penyebab pastinya apa, tapi kemungkinan lebar jahitan lebih besar dari lubang yang ada di footer/sepatunya, jd coba dicek ulang lebar jahitannya yaa...dicoba-coba dulu sebelum jahit yg betulnya. Utk jahitan semi obras kan perlu corak/pola zig zag kan? Jadi atur lebarnya sesuai dengan besarnya lubang sepatunya, jadi pas jahit jarumnya ngak terkena pinggiran sepatunya.
      Cek juga jarumnya, bengkok apa ngak...krn jarum bengkok sering tanpa kita sadari terkena pinggiran sepatu wktu proses menjahit dilakukan...akhirnya jarum patah. Ketebalan kain & ukuran jarum yg sesuai juga bisa mempengaruhi berkurangnya jarum patah.
      Demikian yg saya bisa jawab, semoga membantu ya..
      Terima kasih udh berkunjung.

      Delete
  6. infonya bermanfaat sekali, saya ijin share ya Mbak... terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...silahkan mbak Errindita...terima kasih juga sudah berkunjung..alhamdulillah tulisan sederhana ini bisa bermanfaat utk siapa saja..

      Delete
  7. Informasinya sangat bermanfaat, ijin share ya mb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Dian...silahkan dishare kalau memang bermanfaat...terima kasih juga sudah berkunjung kemari..

      Delete
  8. Saya punya mesin satuan tipical
    Apa bisa di pasang sepatu resleting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin satuan maksudnya mesin portablekah? Biasanya bisa dipasangkan sepatu yang mana saja, tdk hanya sepatu resleting. Hanya perlu diperhatikan posisi pemasang sepatunya, tinggi atau rendah.

      Delete
  9. Saya punya mesin satuan tipical
    Apa bisa di pasang sepatu resleting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesin satuan maksudnya mesin portablekah? Biasanya bisa dipasangkan sepatu yang mana saja, tdk hanya sepatu resleting. Hanya perlu diperhatikan posisi pemasang sepatunya, tinggi atau rendah. Terima kasih mas Fajar untuk kunjungannya..

      Delete
  10. tolong ya kasih tau apakah ada yg jual sepatu mesin obras singer 81a1 kalau ada ksh tau ya,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau siapa yg jual sepatu mesin obras yg dimaksud. Tapi coba mbak Vaira search di toko mesin jahit online. Sekarang banyak yang jual berbagai jenis mesin jahit, mesin obras secara online...pasti ada menjual sepatu seperti yg mbak mau..terima kasih atas kunjungannya ke sini..

      Delete
  11. Kira2 beli sepatu untuk resleting model d picture mba itu dimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbak cari di FB Malikha Mesin Jahit Portable, saya pernah beli set sepatu mesin jahit portable di sana untuk Ibu saya. Terima kasih mbak Mega sudah berkunjung kemari...

      Delete