SELAMAT DATANG...

...selamat datang ke ONE STOP CRAFT....blog yg menjadi tempat saya menyuntik inspirasi utk lebih kreatif, aktif, produktif, & inovatif, tdk hanya utk diri pribadi tapi juga utk semua yg meminati ketrampilan (craft)....

Wednesday, August 28, 2013

SEPATU MESIN JAHIT (Presser Foot)...(1)

Jumpa lagi...
Perjuangan yg sangat berat utk memulai kembali menulis di blog, karena sangat lama ditinggalkan. Desakan & permintaan teman2 dari group hebat IIHC, memancing saya utk kembali aktif di dunia blog. Terima kasih teman2 utk supportnya...^^

Untuk pertama, saya akan dahulukan permintaan tentang penjelasan sepatu2 mesin jahit. Tulisan ini berdasarkan pengalaman dg mesin jahit yg saya gunakan, yaitu JANOME, Harmony 2049. Saya akan bagikan kepada bbrp bagian. Untuk hari ini khusus mengenal sepatu utk menjahit patchwork & applique. Selain sepatu biasa seperti dibawah ini, yg hampir semua mesin jahit memilikinya, kita juga akan mengenal bbrp sepatu khusus lainnya.

SEPATU UMUM UNTUK JAHITAN PATCHWORK & APPLIQUE

1. Sepatu Biasa (General Purpose Presser Foot)

sepatu biasa (general purpose presser foot)
Saya yakin, siapa saja yg biasa dengan mesin jahit, pasti mengenal jenis sepatu ini. Sepatu ini biasanya digunakan utk jahitan lurus, baik dg desain corak atau hanya jahitan lurus biasa. Sepatu ini juga dapat mempermudah menjahit jahitan tebal, jadi bisa digunakan juga utk memberi desain pada jahitan quilting yg dilakukan dg mesin. Saya juga biasa gunakan kalau melakukan quilting table runner atau wall hanging yg menggunakan lapisan compact batting. Tapi, perlu diingat penggunaan ukuran jarum yg sesuai dg ketebalan jahitan. Biasanya utk jahitan tebal, jarum yg digunakan berukuran 16 hingga 18. Dan utk hasil yg lebih bagus, gunakan juga benang yg sesuai yg ukurannya lebih besar dr benang biasa, seperti benang utk menjahit bahan jeans/denim.

2. Sepatu Lurus Jahitan 1/4 inci (1/4 inch Seam Presser Foot)


sepatu jahitan lurus 1/4 inci (1/4 inch seam presser foot)


Sepatu ini adalah sepatu penting utk menyambung bahagian2 patchwork. Besi hitam yg tersedia adalah utk menjadi batas kain, sehingga saat menjahit, jahitan akan lurus & sama utk semua bagian patchwork yg kita perlukan. Dengan sepatu ini, kita tdk perlu lagi menggaris batas jahitan kita, akhirnya kerja penyambungan akan lebih cepat & tepat. Setiap sudut akan bertemu dg baik, tepat & rapi. Satu hal penting dlm patchwork...!!!^^


3. Sepatu Quilting (Even-Feed Foot/Walking Foot)


Sepatu berikut ini, memang sepatu khusus utk menjahit quilting. Quilting adalah jahitan utk menggabungkan tiga lapisan (top, batting, & backing),serta memberikan efek menggelembung pada jahitan. Efek menggelembung inilah yg membuat hasil patchwork jadi lebih menarik. Sepatu ini khusus utk menjahit quilting lurus. Karena dia mampu menjahit bahan yg tebal, ada juga yg menggunakan sepatu ini utk menjahit bahan kulit, walaupun ada sepatu khusus utk itu. (Akan saya uraikan di posting berikutnya yaa...?? Insyaallah..)


Berikut ini bentuk sepatu tsb:


sepatu quilting (even-feed foot/walking foot)
Karena sepatu ini agak istimewa, tdk umum dipakai & tdk semua tahu bentuknya, jadi dibuat khusus cara pasangnya. Berikut ini adalah cara memasangnya:


cara memasang sepatu quilting


Untuk pemasangan sepatu yg lain, akan saya satukan diakhir postingan ini yaa...^^


Ok..kita lanjutkan ke sepatu seterusnya...


4. Sepatu Bordir/Sulaman Mesin (Darning Foot)


Pada dasarnya, sepatu ini adalah sepatu yg dikhususkan utk menjahit bordir/sulaman mesin. Bentuknya adalah seperti ini:



sepatu bordir/sulaman mesin (darning foot)
Ada juga yang seperti ini:


sepatu bordir/sulaman mesin (darning foot)

Kedua sepatu ini berfungsi sama. Masing2 ada bentuk bulat seperti ram. Kurang jelas juga apa fungsinya. Tapi dari pengalaman saya, bulatan ini membantu kita menjaga arah jahitan agar tidak lari kemana2, tetap dibagian yg kita inginkan.


Karena fungsinya yang fleksibel, maka sepatu ini juga bisa digunakan untuk menjahit quilting. Jenis quilting menggunakan sepatu ini biasa disebut free motion ataupun crazy quilting, seperti ini:


free motion quilting/crazy quilting

Berbagai corak quilting yang lain pun dapat dibuat dg sepatu ini.  Cerita lebih lanjut akan saya uraikan pada posting2 berikutnya...insyaallah...!!!

Sebelum memakai sepatu ini, ada hal yang harus diingat! Perhatikan gambar di bawah ini:


proses sblm memakai sepatu bordir/sulaman mesin (darning foot)

Pada gambar pertama, terlihat gigi penolak/feed dog berada di atas, dan tuas untuk menaik & menurunkan gigi penolak/feed dog berada di sebelah kiri. Agar sepatu ini dapat berfungsi dengan baik, maka gigi penolak/feed dog harus diturunkan, dengan cara memindahkan tuas ke sebelah kanan seperti pada gambar kedua. Jika proses ini tidak dilakukan, maka jahitan akan tersendat2 atau kadang2 meloncat2, tidak rapi. Jadi harus benar2 perhatikan hal ini, sebelum menggunakan sepatu jenis ini.

Ok..kita teruskan mengenal sepatu terakhir yg umum digunakan dalam patchwork/applique.

   
5. Sepatu Sulaman Tempel/Aplikasi (Applique Presser Foot)

Sepatunya adalah seperti ini:


sepatu sulaman tempel/aplikasi (applique presser foot)
Bagian depan sepatu terbuka lebar. Ini bertujuan agar kita mudah melihat jahitan aplikasi yg kita buat. Disamping itu bukaan yg lebar itu memang sangat sesuai dengan corak yg biasa kita pakai utk sulaman aplikasi dg mesin ini , yaitu corak zigzag. Kita bisa mengatur lebar jahitan zigzag yang lumayan besar, sesuai dg lebarnya bukaan sepatu tersebut.

Tentang aplikasi dg mesin, saya pernah postkan contohnya beberapa waktu yg lalu. Bisa dilihat di sini atau di sini. Insyaallah, nanti saya akan postingkan cara membuatnya, supaya teman2 bisa mempraktekkannya sendiri...^^

Naaah...selesai sudah pengenalan sepatu2 yg umum dipakai untuk patchwork dan applique. Semoga bisa menambah pengetahuan teman2 tentang jenis2 sepatu sebuah mesin jahit portable.


CARA MEMASANG SEPATU MESIN JAHIT PORTABLE

Sebelum saya menutup posting ini, seperti janji saya di atas, akan dijelaskan juga cara memasang sepatu2 tsb ke mesin jahit. Saya akan jelaskan secara umum, karena pada dasarnya hanya ada dua cara utk memasang sepatu ke mesin jahit.

Perhatikan gambar2 di bawah ini... 

1. Jika sepatu tsb mempunyai besi seperti yang ditunjukkan, maka memasang sepatu, hanya dengan cara meletakkan sepatu di bawah pemegang sepatu, kemudian naik atau turunkan tuas penaik penurun jarum sampai sepatu benar2 melekat ke pemegang sepatu. Sepatu siap utk digunakan.

cara memasang sepatu mesin jahit (1)

2. Apabila sepatu mempunyai besi penyangkut berbentuk huruf U, seperti yang ditunjukkan dalam gambar. Maka, caranya adalah dengan membuka/melepaskan pemegang sepatu, kemudian pasangkan sepatu dan ketatkan sekrup. Sepatu siap menjalankan tugasnya...!!! Mudah sekali kan???

cara memasang sepatu mesin jahit (2)

Alhamdulillah...selesai juga akhirnya posting mengenai sepatu mesin jahit (1). Semoga bisa membantu teman2 yang memerlukannya dan jadi semakin semangat utk berkreasi dg mesin jahit.

Insyaallah berikutnya saya akan coba postkan sepatu2 yang lain, terutama yg ada dlm koleksi sepatu di mesin jahit yg saya gunakan. Ada lebih sepuluh sepatu lagi...wooow...kerja keras utk menyiapkan tulisannya. Yang ini pun perlu berhari2 utk selesai...hahahah...!!! Mudah2an bisa segera tertunaikan...!! Insyaallah...!!!


Rujukan: Buku Manual "Mengendalikan Mesin Serbaguna Janome 2049-Mostwell Sdn Bhd."

Foto2: Koleksi Pribadi..



47 comments:

  1. absen di kolom komentar.. hihi..
    makasih sudah dibuatkan artikel tentang sepatu2 mesin jahit ini.. ditunggu bagian lanjutannya ya Mbak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...sama2...makasih udh mampir mbak Jenny...mksih juga utk semangatnya di group...yg akhirnya siap juga tulisan ini...^^..mudah2an episode slnjtnya bisa online cepat...hehehe...

      Delete
    2. Mbak sepatu buat jahit kulit bagusnya pake yg mn mbak? Trus jarumnya no brp mbak? Tq yach atas infonya smua. Asik mbak

      Delete
  2. terimakasih posting tentang sepatunya ya mbak. sangat membantu sekali. ditunggu lanjutannya ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mbak Taty...trmksh udh mampir..insyaallah...skripnya sdg disiapkan...secepat mungkin dipostkan...^^

      Delete
  3. ditunggu tulisan ttg sepatu2 yang lain mba.. maklum ada 3 spatu d rumah, yg ngga tau kegunaannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah...lagi disiapin skripnya...scptnya akn online...heheheh...mksh udh berkunjung...^^

      Delete
  4. Mau tutorial pasang sepatu untuk membuat lubang kancing dong mbak... >.<
    Aku gagal terus nih.. huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah di bagian kedua ada sepatu utk itu...mdh2an bisa menolong nanti yaa...makasih udh mampir...^^

      Delete
  5. makasih banget ya mb tutorialnya...bermanfaat bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Farah...makasih juga udh mampir...ikuti terus yaa post2 lainnya...^^

      Delete
  6. gak bosen baca blog yang ini. hehe dibaca satu2 :) keren kak Irai ^ ^v makasih ya infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh...trmksh juga Ika..udh mau dikunjungi satu2....^^...jd makin smngt ngepost...hihihihi...

      Delete
  7. ternyata aku punya sepatu2 itu. mbak... dibikinin juga tutorialnya dong... hihihi.
    anw, makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah...asiiik dong..tinggal digunakan aja yaa...ayoo..fungsikan..hehehe.. Tuto utk penggunaannya akn sy sisipkan di saat sy menggunakannya yaa...jd stay tune terus yaa..
      Sama2 kasih...trmksh juga udh berkunjung...^^

      Delete
  8. thanks gan for all..
    ini bagus sekali bagi setiap sepatukulitgrosir lebih" untuk sepatukulitasli agar lebih menarik..)
    makasih banget ya mb tutorialnya...bermanfaat bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Muhammad Alid..trmksh juga udh berkunjung. Senang sekali kalo materi2 yg sy post di sini bisa membantu dan menginspirasi banyak org.
      Oya, kalo utk mesin biasa, bukan mesin industri..ada sepatu khusus utk jahit bahan kulit. Alid bisa lihat di post sepatu mesin jahit 3. Kurang tau apa utk mesin industri juga menggunakan sepatu yg sama...^^

      Delete
  9. Makasih buat info ttg sepatu2 mesinjahit mba,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali...trm ksh juga sudah berkunjung...^^

      Delete
  10. jadinya praktis ya gak usah repot repot lagi seperti pada umumnya saat menjahit cukup tinggal ganti sepatu jahitnya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...inovasi teknologi utk memudahkan kerja manusia mmg tdk pernah berhenti kan..?? Trmksh sudah berkunjung...^^

      Delete
  11. mbak, mau tanya... kalau tiap mesin jahit untuk ganti2 sepatu apa harus dari merk yang sama. mesin saya jaguar J21, agak sulit juga cari sepatunya. bentuknya agak mungil juga, tapi bukan mini portable.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdk harus sis Santi...sepatu mesin jahit yg sy perkenalkan di blog ini, rata2 bisa digunakan di mesin jahit merk yg lain...dicoba aja di mesin jaguarnya...bbrp sepatu umum dulu. Skrg byk dijual online set sepatu MJ portable yg tdk bermerk, yg bisa digunakan utk semua MJ..
      Trmksh sudah berkunjung & smg penjelasannya bisa membantu ya...^^

      Delete
  12. Makasih kak irai atas penjelasannya

    ReplyDelete
  13. mau nanya gan.... mesin jahit type GC6-28-1H bisa gak dipakekan walking foot? mohon penjelasannya gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. MJ type GC6-28-1H itu mesin jahit heavt duty yg utk industri biasanya kan...jnis sepatu utk MJ sprti itu, biasanya ada model tersendiri, beda dg MJ rumahan sprti yg sy jelaskan di sini..
      Smg penjelasan sy dimengerti ya...trmksh sudah berkunjung...

      Delete
  14. Replies
    1. You're welcome sis Diana...trmksh ats kunjungannya...^^

      Delete
  15. Makasih mba infonya menarik sekali..
    Buat yg lagi cari sepatu jahit, silahkan mampir ke fanpage: Mamaje Sewing Tools yaaa ;)

    ReplyDelete
  16. Nice info.. Terimakasih untuk sharing informasinya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali...smg bermanfaat...^^

      Delete
  17. Replies
    1. Terima kasih kembali...trm ksh juga udh berkunjung..^^

      Delete
  18. Mksh atas tulisannya mbak. Sngt bmanfaat utk newbie spt sy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak...smg bisa memacu utk lbh sering jait yaa...^^

      Delete
  19. Tuto nya udah ada sis ? Tks bgt ya tulisannya mudah dimengerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Mama'e sudah berkunjung. Maaaf karena terlalu lama responnya. Tuto lengkap cara penggunaan setiap sepatunya belum saya postkan. Nantikan ya postingannya...secepatnya akan saya postkan...

      Delete
  20. Tuto nya udah ada sis ? Tks bgt ya tulisannya mudah dimengerti

    ReplyDelete
  21. ada kem / cakram buat bordir gg sis.
    punya saya hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak...saya tidak menjual sepatu mesin jahit, jadi memang tidak ada stoknya di saya. Cakram buat bordir itu yg dipakai di mesin jahit hitam kan? Biasanya banyak dijual di toko-toko jahit biasa. Karena saya dulu pernah beli di situ. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya...:)

      Delete
  22. Terima kasih banyak atas info sepatu jahitnya. banyak membantu dan upgrade pengetahuan tentang jahit bagi yang belajar otodidak seperti saya. Beli sepatunya dimana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mbak...senang dengarnya kalau tulisan ini bisa memberi pengetahuan tambahan buat siapa saja. Saat ini banyak toko-toko online yang menjual berbagai jenis sepatu mesin jahit, baik yang portable, heavy duty atau mesin jahit lama yg hitam itu. Coba aja dicari di toko yang menjual mesin jahit, biasanya mereka juga jual set sepatunya.
      Terima kasih mbak sudah berkunjung ke sini...

      Delete
  23. Trims untuk keterangan tuas ki-ka sya fikir tadinya msn jahit rusak krn giginya ga muncul trnyata tinggal mindahin tuasnya.makasih banyak ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mas Asep Rahmat. Alhamdulillah tulisan sederhana ini bisa mencerahkan...heheheh. Terima kasih sudah berkunjung...

      Delete
  24. "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrehttp://bandung.zapplerepair.compair.com)

    JASA SERVICE IPHONE IMAC MACBOOK IPADIPOD DI BANDUNG DAN HARGA TERMURAH

    ReplyDelete