SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Wednesday, September 12, 2018

CARA MEMBUAT HALF SQUARE TRIANGLE (HST)-1

Half Square Triangle (HST), senang dijelaskan sebagai sebuah bujur sangkar yang dibagi diagonalnya menjadi dua buah segitiga. Menyiapkan HST untuk dijadikan blok-blok patchwork, sebenarnya sangat mudah dilakukan, asalkan saja kita tahu cara mudah untuk menyiapkannya. Disebabkan pemotongan pada garis diagonal, maka hanya perlu berhati-hati saja, saat menjahit dan menggosoknya. Agar kain tidak melar, sehingga mempengaruhi ukuran akhir sebuah blok yang diinginkan.

Berikut ini, saya akan memaparkan 3 tutorial ringkas untuk menyiapkan HST dengan berbagai cara. Saya pisahkan kepada tiga postingan blog. Tutorial ini sudah pernah saya bagikan di grup FB 365 Challenge Quilt Blocks Indonesia. Saya bagikan semula di blog ini, karena saat ini saya sedang mengikuti challenge dengan beberapa teman quilters di Indonesia. Challenge tersebut adalah membuat blok-blok berukuran 6.5" x 6.5", yang salah satunya adalah blok patchwork. Blok-blok yang dipilih, ternyata banyak menggunakan HST. Jadi tidak salah kalau saya tampilkan pada blog ini, yang sudah mulai banyak sarang laba-labanya, karena terlalu lama ditinggal empunyanya. Hahaha .... Semoga bermanfaat buat siapa saja yang ingin mempelajari patchwork. Selamat menjahit.

Oya, sedikit tambahan, postingan kali ini kita akan sedikit memasukkan formula-formula matematika untuk hitung-hitungannya. Ternyata, kita juga perlukan matematika untuk menguasai patchwork.


Cara 1. Untuk mendapatkan 2 HST dari 2 square* 




Tutorial di atas adalah untuk mendapatkan dua HST berukuran 1" x 1" (ukuran akhir setelah dijahit), dengan ukuran sebelum dijahit 1.5" x 1.5". Untuk potongan lebih besar, bisa disesuaikan saja berdasarkan tutorial di atas. 

Rumus sederhana yang saya pakai:

y" = x + 1" 

x" = ukuran akhir HST
y" = ukuran potongan square-nya

Jadi, jika kita menginginkan ukuran akhir HST-nya 4", misalnya, maka kita perlu memotong 2 square, masing-masing dengan ukuran sisi-sisinya: y" = 4 + 1" = 5" .

Ada sebagian yang menambahkan 7/8", tapi saya lebih nyaman menambahkan 1", agar ukurannya tidak terlalu kecil atau pas-pasan setelah dijahit. Kelebihannya pun tidaklah terlalu besar, saat dibuang melalui proses square up.


Ok, selesai sudah tutorial membuat HST dengan cara pertama. Semoga teman-teman mudah memahaminya dan bisa dipraktekkan langsung. Untuk cara kedua, akan saya bagikan pada postingan berikutnya.

========
*square: bujursangkar

1 comment: