SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Tuesday, September 3, 2013

TSUMAMI KANZASHI FLOWER BROOCH @ #30DAYSCRAFTCHALLENGE-Day 2

Sudah lama ingin buat berbagai jenis kanzashi flower. Kanzashi adalah ketrampilan yang berasal dari Jepang. Pada mulanya ketrampilan ini hanyalah utk membuat ornamen tambahan tata rambut tradisional yang digunakan wanita2 Jepang dg baju tradisional mereka, kimono. Namun kemudian ketrampilan ini berkembang, sehingga dlm bhs Inggris perkataan ini diartikan sebagai lipatan bunga dari kain. Lebih lengkapnya disebut "tsumami kanzashi". Untuk lebih lengkap cerita tentang sejarah tsumami kanzashi flower ini, bisa dibaca di Wikipedia.

Kembali kepada challenge hari kedua. Saya dapat tutorial membuat kanzashi flower ini dari seorang teman,yaitu Kak Santi (KS), yg berada di Jakarta. Wuiih...baiknya kk satu ini. KS dg senang hati mengirim step by step caranya lengkap dg foto2 yg super jelas, melalui email. Terima kasih kak...!!!  Alhamdulillah bisa mengikutinya dg tepat dan akhirnya inilah hasilnya:

tsumami kanzashi flower brooch
tsumami kanzashi flower brooch
Saya membuat sedikit perubahan di bagian tengah bros ini. Coba perhatikan gambar di bawah ini. Gambar tsb adalah bros buatan KS. Bagian tengahnya dililit dengan benang. Sementara yg saya buat polos tanpa lilitan benang. Sama tapi tak serupa...heheheh... Saat itu, karena dikejar deadline juga, jadi buat yg lebih mudah yg saya biasa buat utk bagian tengah bros....^^...jadinya ya seperti gambar di atas...cantik juga kan?? 

tsumami kanzashi flower buatan KS
tsumami kanzashi flower buatan KS

Terinspirasi dari Kak Santi yg baik budi...heheheh.., saya juga sedang mempersiapkan tutorial utk bros ini.  Mudah2an bisa segera dipost tidak lama lagi.  Insyaallah...!!!

1 comment: