SELAMAT DATANG...

...selamat datang ke ONE STOP CRAFT....blog yg menjadi tempat saya menyuntik inspirasi utk lebih kreatif, aktif, produktif, & inovatif, tdk hanya utk diri pribadi tapi juga utk semua yg meminati ketrampilan (craft)....

Sunday, May 24, 2015

CARA MEMBUAT BISBAN SENDIRI (2)

Salam semua...^^

Lama sekali tidak menulis di blog ini..nyaris penuh sarang laba-laba nii...hehheeh. Ok..hari ini dalam rangka menantang diri sendiri untuk One Day One Article di blog..saya kembali menulis. Memenuhi janji dengan teman-teman juga yang ingin tahu kelanjutan dari cara membuat bisban sendiri, maka hari ini saya mulai menyelesaikan janji-janji tersebut. Walaupun ramai teman-teman yang telah menulis dan membuat tutorial tentang ini, tapi saya tetap akan menuliskannya juga sebagai arsip untuk diri sendiri...^^ 

Ok..kita mulai yaa....bahagian kedua tulisan tentang bisban ini adalah cara membuat bisban lengkung (bias tape). Bisban lengkung biasa kita gunakan untuk menutupi bagian-bagian yang berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran. Seperti beberapa kreasi di bawah ini:

contoh pemakaian bisban melengkung
contoh pemakaian bisban melengkung

Mengapa kita perlu menggunakan bisban lengkung untuk kreasi yang berbentuk demikian? Karena pemotongan kain untuk jenis bisban ini adalah mengikut arah diagonal kain atau arah serong/miring kain, jadi saat digunakan, bisban akan sangat mudah mengikuti bentuk melengkung dari kreasi yang kita buat, lebih luwes dan lebih elastis.

Sebaliknya jika kita menggunakan bisban yang lurus untuk jahitan melengkung, maka hasil yang akan diperoleh jauh dari memuaskan. Biasanya akan terjadi banyak kedutan-kedutan di berbagai tempat, karena kain yang dipotong lurus tidak mudah mengikuti bentuk lengkungan.

Ok...untuk lebih jelasnya bisa diikuti dari tutorial berikut ini:

1. Siapkan kain, biasanya untuk jenis bisban ini saya akan pakai kain dengan ukuran panjang minimal 1/2 meter (50 cm x lebar kain). Tujuannya agar bisban yang dihasilkan mempunyai panjang yang sesuai, tidak terlalu banyak sambungannya jika nanti kita perlu bisban yang panjang. Tapi, kalau memang kita hanya perlu bisban yang pendek, maka 1/4 meter kain (25 cm x lebar kain) pun sudah bisa digunakan. Posisikan kain terbalik seperti gambar di bawah ini:

penyiapan kain
penyiapan kain

2. Kemudian tarik ujung kain dan lipat ke arah dalam mengikuti arah diagonal/miring/serong, seperti ini:


lipat kain arah diagonal
lipat kain arah diagonal

3. Kain dilipat sampai sama rata ke pinggiran kain, sesuai dengan panjang kain yang kita ada (1/2 atau 1/4 meter). Perhatikan gambar di bawah. Biarkan saja kain yang berlebihan di sebelah kiri.


lipatan rata dengan pinggiran
lipatan rata dengan pinggiran

4. Atur posisi lipatan kain lurus di atas cutting mat. Pemotongan kain dilakukan menurut arah yang ditunjukkan di dalam gambar berikut:

persiapan pemotongan kain
persiapan pemotongan kain

5. Setelah dipotong, maka akan terdapat dua bagian kain, yaitu bagian 1 dan bagian 2. Untuk lebih jelas perhatikan gambar yang diberikan. Kedua bagian ini dapat digunakan untuk membuat bisban lengkung atau bias tape.

bagian kain yang telah dipotong
bagian kain yang telah dipotong
6. Dalam tutorial ini, saya pilih kain bagian 1. Kain ini siap untuk kita potong lagi menjadi bias tape.

kain bagian 1
kain bagian 1
7. Selanjutnya lipat dua kain tersebut, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar berikut ini:

kain dilipat dua
kain dilipat dua

8. Kemudian lipat lagi sehingga menjadi empat lipatan. Perhatikan gambar di bawah ini:

kain dilipat empat
kain dilipat empat
Lipatan kain juga nantinya akan sampai ke bagian kain yang berlebih di sebelah kiri tadi (lihat cara nomor 3). Lipat saja kain mengikut arah lipatan pertama.


9. Langkah selanjutnya adalah memotong kain dengan ukuran lebar sesuai yang diperlukan. Saat memotong ini, sejajarkan lipatan kain bagian bawah dengan cutting mat, agar potongan kain yang dihasilkan lurus, tidak bengkok-bengkok. 

pemotongan bisban sesuai ukuran
pemotongan bisban sesuai ukuran

Note: Kalau menggunakan gunting, tandakan lebar yang diinginkan terlebih dahulu baru kemudian dipotong. Agar pemotongan lebih mudah dan tidak terlalu tebal, maka kain tidak perlu dilipat sampai empat, cukup dilipat dua saja.

10. Dan beginilah bias tape yang telah siap dipotong. Gulungkan bisban lengkung ini di karton tebal atau bekas gelondongan benang. Bisa juga lipat saja dengan rapi dan simpan dalam plastik atau kotak. Bias tape siap digunakan kapan diperlukan.

bisban lengkung yang telah siap
bisban lengkung yang telah siap

Untuk proses penyambungan dua potongan bisban dapat dilihat di postingan Bagian Pertama membuat bisban sendiri. Ok teman-teman, semoga tutorial sederhana ini bisa membantu untuk semakin melancarkan proses jahit menjahitnya. Selamat mencoba...^^

Kalau ada yang kurang dimengerti, silahkan isi kolom komennya yaa..? Insyaallah secepat mungkin akan saya balas...

2 comments: