SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Saturday, March 22, 2014

TUTORIAL MENJAHIT DUA LAPISAN KAIN YANG AKAN DIBALIK

Berikut ini akan saya kongsikan cara saya menjahit dua lapisan kain yang perlu dibalik nantinya.Yang sering dilakukan adalah dengan cara meninggalkan lubang yang tak berjahit sebagai tempat untuk membalik. Berbeda dengan cara yang saya lakukan dan ternyata mendatangkan hasil yang lebih baik bila kain sudah dibalik nanti. Caranya adalah seperti berikut:

1. Susun dua lapis kain yang akan dijahit dengan bagian bagusnya bertemu.
dua lapisan kain

2. Beri tanda  seperti di gambar untuk bagian yang akan dijadikan lubang nanti, lebih kuran 3 inci.


tanda merah utk lubang

3.  Mulailah menjahit dari ujung atas dengan jarak jahitan normal (di mesin saya 2.5 ke 3), kemudian sampai di garis tanda, matikan jahitan tanpa memutuskan benang dan atur jarak jahitan ke yang paling besar (di mesin saya nomor 4), jahit kembali sampai ke batas akhir garis, lalu atur jarak jahitan ke normal dan mulai menjahit lagi sampai ke ujung, matikan jahitan dan putuskan benang. 

Selesaikan menjahit setiap pinggiran satu persatu dari ujung ke ujung dengan mematikan jahitan dan memutuskan benang di setiap pinggiran.  Untuk lebih mudahnya perhatikan diagram di bawah ini.


diagram cara menjahit
Arah jahitan bernomor maksudnya adalah, menjahit bagian putih dengan jarak jahitan normal, dengan menyelesaikannya satu persatu setiap pinggiran, bukan dengan cara menjahit mengikuti batasan kotaknya. Berdasarkan pengalaman, dengan cara ini sudut yang terbentuk akan lebih bagus dan tajam. Disamping itu kemungkinan lapisan kain bergeser lebih sedikit.

4. Setelah semua bagian selesai dijahit, buka jahitan/dedel/unpick di bagian yang kita jahit dengan jarak jahitan lebar tadi.

buka jahitan di bagian lubang

5. Berikutnya gunting setiap sudut dan balikkannya, seperti yang ditunjukkan pada gambar-gambar berikut



menggunting sudut-sudut


proses membalik

6. Setelah dibalik, perhatikan bagian lubang sudah terlipat rapi dengan sendirinya, karena bekas jahitan yang lebar tadi. Hal ini akan sangat memudahkan kita menjahitnya nanti. Untuk merapikan semua bagian yang lain, setrika jahitan tersebut.

Terakhir sekali, tutup lubang dengan jahitan mesin atau tangan. Saya lebih suka dijahit tangan, karena jahitan tidak akan kelihatan, sama seperti jahitan mesinnya.  Cara jahitnya dapat dilihat di Tutorial Menjahit Sarung Bantal.

menutup lubang dengan jahitan tangan

7.  Inilah hasilnya...gimana? Rapikan? Ok...selamat mencoba...^^


hasil akhir jahitan


2 comments: