SELAMAT DATANG...

...selamat datang ke ONE STOP CRAFT....blog yg menjadi tempat saya menyuntik inspirasi utk lebih kreatif, aktif, produktif, & inovatif, tdk hanya utk diri pribadi tapi juga utk semua yg meminati ketrampilan (craft)....

Sunday, November 3, 2013

SEPATU MESIN JAHIT (Presser Foot)...(3)

Alhamdulillah...mulai menyiapkan cerita terakhir untuk sepatu mesin jahit. Sepatu-sepatu berikut ini saya kelompokkan kepada Sepatu untuk Kegunaan Khusus. Ada 9 jenis sepatu lagi yang akan saya uraikan bentuk dan fungsinya. Mariii...kita simak satu persatu yaa...bismillah...


SEPATU UNTUK KEGUNAAN KHUSUS

1. Sepatu Menjahit Benang Hiasan (Three Way Cording Foot)


Sepatu ini sangat menarik. Dulu saya pernah membuat kreasi dengan benang sulam DMC ini menggunakan jahitan tangan. Sekarang lebih mudah dengan memakai sepatu ini. Sangat sesuai untuk menghasilkan hiasan-hiasan dengan desain yang beragam sesuai kreasi masing-masing. Dibagian depan sepatu ini ada lubang-lubang kecil untuk memasukkan benang sulam atau benang apa saja yang sesuai untuk besar lubang tsb.


Sepatu Menjahit Benang Hiasan
Sepatu Menjahit Benang Hiasan
Perhatikan gambar dibawah ini. Bagaimana sepatu ini digunakan dan hasil jahitannya. Cantiiik kan? Apalagi bila kombinasi warna yang dipilih juga menarik dan sesuai. Ayooo...mulailah berkreasi...!!!


contoh jahitan dg benang sulam DMC
contoh jahitan dg benang sulam DMC


2. Sepatu Menjahit Bisban/Bisban Tulang (Piping Foot)

Sepatu berikut ini adalah sepatu yang dwi fungsi. 


Sepatu Menjahit Bisban/Bisban Tulang
Sepatu Menjahit Bisban/Bisban Tulang

Sepatu ini digunakan untuk menjahit bisban/bisban tulang, yang biasa dijahit di baju kurung melayu, seperti gambar di bawah ini. Dengan bantuan sepatu ini, menjahit bisban tsb akan lebih mudah.



contoh jahitan menggunakan piping

Disamping itu sepatu inilah yang saya sebut di posting terdahulu, yang bisa digunakan untuk menjahit resleting biasa. Mur berwarna hijau pada sepatu ini berfungsi untuk menggerakkan plat besi ke kiri atau ke kanan sesuai dengan kedudukan jahitan yang diinginkan. Sangat mudah untuk disesuaikan dengan kedudukan kepala resleting. Harus diperhatikan juga saat memindahkan posisi plat tsb adalah memindahkan juga posisi jarum sebelum proses menjahit dilakukan. Hal ini untuk menghindari jarum terkena besi dan patah.



3. Sepatu Pintucking (Pintucking Foot)

Berikut ini adalah salah satu sepatu lain, yang dapat memberi hiasan pada beberapa kreasi jahitan yang kita inginkan.

Sepatu Pintucking
Sepatu Pintucking
Penggunaan sepatu ini diaplikasikan biasanya dengan jarum kembar, seperti di bawah ini.

Jarum kembar
Jarum kembar

Berikut ini contoh dan hasil jahitan menggunakan sepatu pintucking. Teknik ini bisa kita aplikasikan ke sarung bantal, tas, ataupun baju. Kreasikan saja sesuai mau kita.


contoh penggunaan pintucking foot
contoh penggunaan pintucking foot



4. Sepatu Binding/Menyatukan Bisban (Binder Foot)

Sepatu berikut ini membantu kita menyelesaikan tepi jahitan yang memerlukan bisban/binding. Memilikinya akan sangat menolong untuk menyiapkan kerja dengan cepat dan rapi. 

Desain sepatu ini dibuat sedemikian rupa sehingga ada besi berbentuk kerucut, seperti yang ditunjuk oleh anak panah. Bagian ini berfungsi untuk menyelipkan bisban dan menjaganya tetap terlipat dua serta tidak bergeser ketika proses penjahitan dilakukan.


Sepatu Binding/Menyatukan Bisban
Sepatu Binding/Menyatukan Bisban

Berikut ini cara penggunaan sepatu ini secara sekilas. Sepatu ini hanya dapat digunakan untuk ukuran bisban yang biasa dijual di toko-toko jahit.

contoh pemakaian binder foot
contoh pemakaian binder foot


5. Sepatu Menjahit Kelim Bulat (Rolled Hem Foot)

Gambar dibawah ini menujukkan sepatu yang dikhususkan untuk menjahit pinggiran kain yang tipis. Misalnya selendang atau jilbab dari kain chiffon. Dulu saya sering menjahit pinggiran selendang chiffon dengan jahitan tangan, karena dengan jahitan mesin khusus untuk itu agak kasar dan tebal. Namun demikian dengan adanya sepatu ini, jelas akan memudahkan lagi kerja-kerja saya jika menggunakan kain-kain yang tipis dan lembut. Tidak perlu susah untuk bawa ke toko jahit. Disamping itu juga dapat menghemat biaya, karena ongkos untuk jahit pinggir jilbab/sirsak, sangat mahal di KL...^-~...

Sepatu Menjahit Kelim Bulat
Sepatu Menjahit Kelim Bulat

Bagian yang ditunjukkan oleh anak panah adalah bagian yang akan menggulung kain dengan sendirinya. Jahitan yang dihasilkan adalah halus dan rata.



6. Sepatu Menjahit Lipitan (Ultimate Ruffler Foot)

Sepatu yang paling besar diantara koleksi yang saya punya ini adalah sepatu yang dikhususkan untuk menjahit lipatan. Lipatan yang dihasilkan akan lebih sama dan rapi. 

Jarak dan lebar lipitan dapat diatur sesuai keinginan dan keperluan. Di gambar kedua ditunjukkan ada tuas yang bisa digerakkan dan dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang ada. Di lubang tsb tertulis angka-angka 1, 6, 12 dan bintang. Angka-angka tsb menunjukkan kerapatan jahitan. Bila diset pada angka 1 maka lipitan yang dihasilkan rapat-rapat. Jika diangka 6 atau 12 berarti setiap 6 atau 12 mata jahitan akan terbentuk satu lipitan. Sementara itu, bila tuas diletakkan di bagian yang ada tanda bintang, maka tidak akan ada lipitan yang terbentuk, hanya jahitan lurus saja.


Sepatu Menjahit Lipitan
Sepatu Menjahit Lipitan
Di gambar ketiga, anak panah menunjukkan mur yang bisa diatur untuk menghasilkan lebar lipitan yang berbeda-beda sesuai dengan angka-angka yang tertera (1, 4, 6, dan 8). Lebar lipitan yang dihasilkan tergantung pada kedudukan ujung mur tsb. Jika diletakkan pada angka 8 maka lebar lipitan yang dihasilkan adalah 8 mm. Begitu seterusnya. Wow..sangat mudah kan? 


7. Sepatu Menjahit Bahan Kulit (Roller Foot)

Sepatu berikut ini adalah sepatu yang dipakai untuk menjahit bahan kulit. Sepatu ini membantu memegang bahan dengan lebih baik ketika dijahit, karena ada bagian seperti roller di bagian depannya, yang memudahkan pergerakan bahan. Disamping itu juga dapat digunakan untuk menjahit bahan-bahan jenis vinyl, kain elastik (bahan kaos, jersy), dan velvet.


Sepatu Menjahit Bahan Kulit
Sepatu Menjahit Bahan Kulit


8. Sepatu Jahitan Dekoratif (Satin Stitch Foot F)

Hampir semua mesin jahit portabel saat ini, memiliki pola-pola desain dekoratif tersendiri. Ada yang sedikit ada juga yang banyak. Sepatu ini adalah sepatu yang dikhususkan untuk mengaplikasikan semua desain tsb ke kain. Terutama jenis jahitan satin stitch yang padat. 
 Biasanya terbuat dari plastik bening agar kita mudah melihat pergerakan dan hasil jahitan kita. Di bagian belakang pula ada lempengan besi yang membantu memudahkan pergerakan kain sewaktu proses menjahit dilakukan. Bagian lubang tempat jarum beraksi lumayan lebar, jadi bisa digunakan untuk corak desain yang mana pun dengan lebar yang maksimum. 


Sepatu Jahitan Dekoratif
Sepatu Jahitan Dekoratif 


9. Sepatu Menjahit & Menggabungkan Kerutan (Gathering Foot)

Ini adalah sepatu terakhir yang ada dalam koleksi. Sepatu ini digunakan untuk membuat kerutan pada kain. Kerapatan kerutan tergantung pada tension mesin jahit. Biasanya pada angka 9. Sepatu ini bisa juga dipakai untuk menjahit kerutan menggunakan benang karet. Pada gambar ditunjukkan tampak atas dan bawah sepatu tsb. Dibagian bawah ada bagian terbuka. Bagian ini berfungsi untuk menyelipkan kain berbeda yang ingin kita sambung, untuk kombinasi. Kain yang ingin disambung bisa satu yang sudah ada kerutnya satu tidak. Bisa juga dua-duanya belum ada kerutan, baru kemudian dikerutkan. 

Sepatu Menjahit & Menggabungkan Kerutan
Sepatu Menjahit & Menggabungkan Kerutan 

Alhamdulillah...selesai sudah bagian akhir dari tiga bagian cerita tentang sepatu mesin jahit. Saya berharap bisa membantu siapa saja yang memerlukannya. Tulisan-tulisan ini juga jadi arsip bagi saya...heheeh..!!!

Insyaallah, setiap saya menggunakan sepatu-sepatu tsb dalam kreasi-kreasi mendatang akan saya ceritakan lagi lebih lengkap. Ok..selamat membaca dan mikir-mikir untuk menambah koleksi sepatu mesin jahit teman-teman....heheheh...^^


Rujukan: Buku Manual "Mengendalikan Mesin Serbaguna Janome 2049-Mostwell Sdn Bhd." dan Google

Foto2: Koleksi Pribadi..



62 comments:

  1. Terima kasih untuk semua penjelasannya, sangat berguna....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bu...^^...trm kasih juga udh berkunjung....heheheh...;)

      Delete
  2. Salam kenal... terima kasih atas penjelasannya, sangat bermanfaat untuk saya sebagai pemula pengguna janome 2049.
    Mungkin bisa bantu, sy masih menemukan kesulitan, hasil jahitan sy terlalu rapat, padahal sudah disesuaikan corak, size, jarum dll... Mohon tips"nya... terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga...senang kalo tulisan ini bisa membantu byk org.
      Ttg hasil jahitan yg terlalu rapat, pdhl semua sudah disesuaikan...waah...bingung sy mau menjawabnya... salah satu sebab mungkin juga cara kita menekan pedal yg tdk konsisten. sehingga jlnnya mesin pun tersendat2..
      sy hanya bisa menduga saja jdnya...hanya anda sendiri yg pasti sebabnya knpa...sb dr apa yg anda bilang semua kondisi utk mesin jln bagus dan hasilnya pun ok berada dlm keadaan yg tepat...maaaf tak dpt membantu...:(

      Delete
  3. Thank so much ..)
    atas penjelasannya..en ini pasti berguna en berguna untuk semua Sepatukulitgrosir maupunsepatukulitasli apapun yang ingin lebih kratif lagi dalam mengembangkan sepatukulitasli nya (Roller Foot)
    Mau tanya ni ..Bagaimana jika kami ingin belajar menjahi sepatu kulit asli

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2..maaf sy tdk tahu bagaimana cara menjahit sepatu kulit, krn itu bukan bidang yg sy tekuni...rasanya anda lebih ahli ttg itu..

      Delete
  4. bagus banget ... baru tau ada macem2 sepatu jahit kaya bgitu. klo boleh tahu yg jual online macam2 sepatu jahit seperti itu di mana ya? thx b-4

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya ada bbrp online shop di Indonesia yg menjual macam2 sepatu mesin jht...diantaranya toko tiga mesin jahit , toko pelita mesin jahit..dan byk lagi..anda bisa search di internet juga toko2 tsb..

      Delete
  5. Pagi mbak... terimaksih sudah berbagi info yg tentu sangat bermanfaat. Btw mesin jahitnya mesin jahit apa ya, apa bisa mesin jahit biasa (mesin jahit kain berdinamo kecil) ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagiii juga mbak..maaf br dirply.. Sama2 kasih mbak Citra Laras. Mesin jahit sy mesin jahit portable merk Janome Harmony 2049. Jadi sepatu2 yg sy terangkan di sini semua utk msn jht tsb. Tetapi bisa jg digunakan ke bbrp msn jht portable lainnya. Kalo utk mesin jht hitam yg lama itu..sy blm prnh coba..tp kalau ukurannya pas dg btgnya mungkin bisa jg digunakan..tp biasanya ukurannya beda jd..susah utk digunakan di mesin jht lama tsb..mdh2an bisa membantu yaa..^^

      Delete
  6. siang mbak...kumau tanya, dmn ya yang jual rolled hem foot? klo mbak tahu ada yang jual online tolong diinfokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soree mbak Juzie Shara..maaf br dirply. Yg sy tau utk jualan online perkakas mesin jahit di Indonesia, coba dicari di toko tiga mesin jahit...yg lainnya sy kurang pasti. Mngkin bisa nyoba cari juga di Mutiara Craft, online...biasanya mrka juga jual sepatu2 mesin jahit..tp ngk tau sepatu rolled hem foot ini ada apa ngak..dicoba aja ya mbak..trmksh udh berkunjung..^^

      Delete
    2. di kami juga bisa sis, kami jual mesin jahit dan sepatu untuk mesin rumah tangga. diintip dulu ya sis (:

      https://www.tokopedia.com/people/1489530

      Delete
  7. permisi, mau nanya.. itu beli bisban ato bias tapenya dimana ya? lalu bila mau membeli, bilang cari apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko perlengkapan alat jahit biasa ada mba, bilng ja bisban/bisban isi... Dijual per meter. Jgn lupa bw cnth warna bhn..

      Delete
    2. Trm ksh sis Citrani...sudah membantu menjawab...^^..bisban yg sprti di postingan ini byk dijual di toko alat jahitan biasa...

      Delete
  8. Mbak mau tanya gimana sih cara pake gathering foot, saya punya beberapa sepatu tp krg paham penggunaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaaaf..baru dirply...tutorial utk penggunaan gathering foot sy blm siapkan...kalo mbak mau..coba search di youtube dg kt kunci how to use gathering foot..bisa ditambahkan kt kuncinya dg mnyebut jenis mesin jahitnya..byk koq di you tube cara menggunakannya...:)

      Delete
  9. Hallo mba...makasih buat infonya sangat bermanfaat,baru2 ini saya beli mesin janome DC7100 (model terbaru) apa jenis2 sepatu yang mba jelasin di atas semuanya cocok untuk tipe mesin ini? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo jugaa...msn yg sy pakai skrg janome harmony 2049...sy udh coba cari info ttg msn jait dc7100..yg mbak punya itu..& lihat2 sepatu2nya...sama dg sepatu yg sy punya...kemungkinan besar..sepatu jnis lain yg ngk disediakan & sama2 dr merk janome..bisa dipakai..asalkan btgnya sesuai..
      Sepatu2 yg sy punya ini jg bisa digunakan ke bbrp mesin jht merk berbeda..pd umumnya btk sepatu2 msn jht ini sama utk merk mesin jait apa saja..hnya kdg2 ada perbedaan sedikit..
      Smg pnjelasan sy bermanfaat yaa..:)

      Delete
  10. trims ya mba atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali...trmksh sudah berkunjung...^^

      Delete
  11. nambah catatan lagi ni, makasih kak Irai

    -Rika-

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum.. saya punya mesin janome tapi ni mesin dah lama banget.. sama ga ya sepatunya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkslm,,.dicoba aja dulu sis..bbrp jenis sepatu yg umumnya. Biasanya sih bisa digunakan utk semua jenis mesin janome model mana pun. Cuma bbrp sepatu khusus, seperti sepatu utk quilting yg sering tdk sesuai utk bbrp model janome lama...gimana pun coba ditest aja dulu...kalau perlu saat membeli sepatunya, mesinnya dibawa juga. Atau kalau beli online, bisa lgsg tanyakan ke penjualnya apa bisa atau sesuai utk mesin yg sis punya..
      Ok...semoga penjelasannya bisa dipahami yaa...trmksh udh berkunjung...^^

      Delete
  13. info sgt bguna untuk sy yg baru blajar.. terima kasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali sis Sophie..semoga isi blog ini bisa membantu siapa saja yg sdg bljr..trmksh sudah berkunjung..^^

      Delete
  14. assalamualaikum mbak, saya mau tanya, utk pemakaian three way cording foot, kita pakai pola jahitan yang mana ya... saya pakai janome 380. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkslm sis Marlina... di mesin jahit janome 3049, yg sy gunakan pola jahitan yg dipakai utk aplikasi sepatu three way cord adalah pola jahitan D (yg berbentuk zigzag tapi garisnya putus2), ketegangan benang 3-6, jarak jahitan 1.5-4.0 & ukuran jahitan 5. Sy kurang tau bagaimana kode pola jahitan di mesin janome 380, tapi td sy search di google, pola jahitan yg zigzag putus2, kodenya B berwana kuning, berarti lebar jahitannya ntar putar juga dibagian yg berwarna kuning juga.
      Ok sis...mudah2an ngerti ya dg penjelasan saya ini, kalau ada yg mau ditanyakan lagi, bisa komen lagi nanti ya...trmksh udh berkunjung...^^

      Delete
  15. Trims ya mba atas uraiannya....dan gambarnya...

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sudah sharing..untuk penggunaaan rolled hem food/sepatu kelim bagaimana caranya ya? Saya oernah mencoba, dan belum berhasil 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trm ksh kmbli sis Umi Andhani udh berkunjung kemari. Utk penggunaan sepatu rolled hem foot,maaf sekali sy belum membuat videonya...mdh2an bisa cepat siap videonya...utk sementara coba ke link ini, tutorialnya mudah diikuti..
      https://www.youtube.com/watch?v=6fHfRUnK-D8

      Mudah2an bisa membantu yaa...^^

      Delete
    2. Ini ada link lebih jelas lagi:
      https://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=GdDysubNrdM

      Yg paling penting yg harus diperhatikan saat menggunakan sepatu ini adalah menjahit beberapa stitch terlebih dahulu sebelum proses penggulungan dilakukan. Tujuannya agar lipatan benar2 terbentuk & memudahkan utk proses penggulungan berikutnya.
      Selamat mencoba...

      Delete
  17. Salam kenal mau tanya mbak...kalau utk lipatan tok bagian bawah yg tanpa diobras....artinya dilipat 2x kecil bgt itu pakai model kaki yg mana ya?dimana sy bisa dapetin?trimksh jawabnnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slm kenal juga sis.. Kalau utk lipatan kecil pinggiran rok atau baju..bisa pakai sepatu rolled hem foot/sepatu utk kelim bulat. Gambarnya di nomor 5 postingan di atas. Utk cara pemakaiannya ada di balasan saya utk sis Umi Andhani, tepat diatas komen sis ini. Copy aja link yg sy berikan. ada video cara memakai foot tsb dg sgt mudah.
      Semoga membantu ya..trmksh sudah berkunjung...^^

      Delete
  18. Thanks for sharing.. Sangat menginspirasi.. D tunggu ya sis postingan menarik lainnya.. Best Regards : Fitinline..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mbak Dwi...insyaallah...doain saya bisa lebih aktif posting di blog yaa...^^

      Delete
  19. Thanks for sharing mbak, aku mau tanya klo untuk membuat rawis pada bahan kerudung itu ada alatnya ga ya? Aku lg nyoba bikin kerudung katun gitu yg ujungnya rawis, tp kalo manual susah sekali rapinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus terang, pd mulanya saya bingung apa itu rawis...hahaha...makanya lama balasnya...cari tau dulu...hahahah.
      Dan..kayaknya ngak ada sepatu khusus utk rawis tsb, terutama utk mesin jahit portabel. Jadi semuanya masih harus dibuat secara manual sepertinya...^^
      Saya nyari juga alat utk buat rawis itu...juga belum nemu..ntar kalau saya dapat saya info yaa...
      Terima kasih mbak udah berkunjung ke blog saya...

      Delete
  20. makasih infonya sis....sangat membantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mbak Septi...alhamdulillah tulisan sederhana ini bisa membantu..terima kasih juga sudah berkunjung dan baca-baca di sini..

      Delete
  21. klo ngjahit bhan sponge, pake mesin butterfly bs gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan sponge maksudnya bahan yang dilapisi spankah? Terus mesin jahit butterfly yg jadul apa portable? Dulu, sebelum saya punya mesin jahit portable, saya jahit kreasi dg lapisan spon, menggunakan mesin jahit butterfly jadul kepunyaan Ibu saya, ok-ok aja...lancaaar jahitnya. Kalau yg portable skrg lbh lancar lagi. Bahan kulit pun bisa dijahit dg mesin sekarang.

      Delete
  22. Saya ino Retno, terimakasih atas penjelasan sepatu mesin jahitnya, mbak..
    Saya sbg newbie, sangat terbantu dgn tulisan ini.
    Ijin save ya, mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak Retno...tulisan sederhana ini bisa membantu mbak lebih menekuni bidang jahit menjahit. Terima kasih sudah berkunjung dan silahkan disave jika bermanfaat..

      Delete
  23. Sangat bermanfaat infox. Saya sdg belajar menjahit sprei. Kl utk jahit karet sudut sprei apa ada sepatu jahit khususx? Mohon infox. Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Halo mbak, numpang tanya sekalian lewat hehe. Aku nyoba pintuck foot, tapi kok hasilnya ngga ada pintucknya gitu ya? Nggak timbul. Hasil jahitannya rata aja. Jadi kaya 2 jahitan lurus biasa aja. Itu kira2 knp ya mbak?

    ReplyDelete
  25. Halo mbak, numpang tanya sekalian lewat hehe. Aku nyoba pintuck foot, tapi kok hasilnya ngga ada pintucknya gitu ya? Nggak timbul. Hasil jahitannya rata aja. Jadi kaya 2 jahitan lurus biasa aja. Itu kira2 knp ya mbak?

    ReplyDelete
  26. sudah dicoba ternyata sulit mba, makasih ya sudah share , dicoba terus sampai bisa

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  28. mbak saya mw tanya sepatu mesin yg biasa d pakai untuk jahit bed coverapa, mesin saya mesin typical type GC6-28-1

    ReplyDelete
  29. mbak saya mw tanya sepatu mesin yg biasa d pakai untuk jahit bed coverapa, mesin saya mesin typical type GC6-28-1

    ReplyDelete
  30. Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
    LPK NAVITA


    Tempat Pelatihan Orang Mandiri

    Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka

    Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut,

    Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam


    Mudah-Murah-Hemat-Terampil

    Kenapa memilih LPK Navita:

    Belajar dengan menyenangkan
    Minim ujian
    Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
    Murid diberikan kebebasan
    Minim sistem rangking
    Menganut paham "less is more"
    Menetapkan standart sendiri
    Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
    Lebih Cepat Selesai
    Lebih Cepat Meningkatkan Penghasilan
    Lebih Banyak dicari di dunia kerja
    Berpengalaman sejak 2003
    Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
    Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
    Magang
    GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
    Biaya Mulai 350rb/program
    Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
    Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
    Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil


    Glagah Uh4/196
    Warungboto Umbulharjo yogyakarta
    PH.(0274)450326


    buka cabang di sleman :

    Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
    Godean Sleman Yogyakarta
    HP. 085740028487
    pin BB 75F08617

    Kursus Jahit

    Bordir

    ReplyDelete
  31. kami ada kaos polos dengan harga grosir dan jasa sablon http://www.hygmatic.com

    ReplyDelete
  32. assalamualaikum kak. sepatu apa saja yang bisa di gunakan pada mesin jahit hitam? terima kasih jawabannya

    ReplyDelete
  33. assalamualaikum kak.. sepatu apa saja yang bisa dipakai di mesin jahit hitam? terima kasih jawabannya

    ReplyDelete
  34. Jazakillah sharenya, mesin saya brother, saya beli ruffler foot merk ngg sama, tapi ngg bisa dipake, apa berbeda2 ya tiap merk? Atau ada mesin jahit yg tidak bisa memakai ruffler foot krn punya saya mesin jahit lama

    ReplyDelete