SELAMAT DATANG...

... selamat datang ke ONE STOP CRAFT.... blog yang menjadi tempat saya menyuntik inspirasi untuk lebih kreatif, aktif, produktif, dan inovatif, tidak hanya untuk diri pribadi, tetapi juga untuk semua yang meminati ketrampilan (craft) ....

Friday, February 1, 2013

BERBURU KAIN....^~^

Ada satu "penyakit" yang sering menyerang seseorang yang hobinya buat patchwork, yaitu menambah koleksi kain/fabric. Kenapa saya bilang penyakit? Karena kebanyakan kita sukanya menambah koleksi & kemudian hanya disimpan karena merasa sayang untuk dipakai....heheeheh. Kondisi ini juga menyerang saya, walaupun saya bukanlah seorang yang patchworkaholic.....!!! Setiap keinginan itu menyerang, saya sering berbicara dengan hati sendiri..."sudah Rai...stop dulu beli kain...do something with ur fabric u have now...baru beli lagi...". Heheheh...tapi...biasanya hanya bertahan sebentar...keinginan itu akan datang lagi...wuiih, tapi saat ini saya berusaha mengontrol sekuat mungkin keinginan itu!! Saya berniat & bertekad kuat untuk menghabiskan terlebih dahulu kain-kain yang ada...baru shooping lagi...hahaha...mudah-mudahan bisa terlaksana. Banyak project yang saya ingin buat, tapi tantangan untuk menyelesaikannya pun sama banyaknya. Tapi...semangat!!!

Ok..saya ingin bercerita sesuai dengan judul entri hari ini: BERBURU KAIN!!! Hahaahah...dimana ya? Di hutan? Wahahahah..pasti bukan? Saya berburu kain sewaktu pulang bercuti ke kampung halaman akhir tahun lalu. Indonesia cukup terkenal di kalangan peminat jahit menjahit di Malaysia, sebagai salah satu tempat paling best untuk beli kain. Terutama di Jakarta atau Bandung. Tapi, Banda Aceh pun menurut saya bisa dijadikan tempat shooping membeli kain, terutama bagi saya laah...karena belum sempat ke Jakarta & Bandung...heheeh.

Banyak toko kain di Banda Aceh yang bisa dikunjungi. Tapi, liburan kemarin saya cuma sempat pergi ke satu toko, hiks....;(, yaitu Toko Permasi Tekstil di Beurawe (atau Jambo Tape yaa???)...perbatasan laaah..^^. Berusaha mencari map lokasi dengan bantuan Pak Google Maps, tapi dia ngak tau dimana...:(. No problem...yang penting udah sampai ke sana. Sebenarnya toko ini spesialis menjual kain-kain berbidang besar untuk buat sprei/cadar (Melayu). Tapi, banyak juga kain-kain untuk baju, selimut, dsb. Walaupun tokonya tidak luas, (lebih tepat saya bilang: memang sempit, hehehe) tapi pilihan kain yang bisa jadi koleksi memang banyak & melambak orang Malaysia cakap...^^. Harganya pun...wuiih kalau dibandingin harga kain di Malaysia dengan kualiti yang sama...aduuuh...kagak dapat deh...harganya memang murah...!!!

Inilah beberapa koleksi kain yang sempat saya beli. Harta karun saya pun bertambah lagi dengan koleksi ini.

Yang pertama koleksi kain katun polos, yang bidangnya super luas; 2.50 m...jadi beli 1/2 meter pun udah banyak. Ada lebih 10 pilihan warna, tapi saya memilih beberapa warna yang saya suka & mulai berimaginasi mau dibuatkan apa nanti. Ini lagi satu penyakit...mengkhaiyal ngak habis-habis....heheheh...tapi ada pepatah yang menyuruh kita untuk tidak berhenti bermimpi kan??? Jadi apa salahnya...teruskan berimaginasi untuk menghasilkan karya yang brilliant...!!!!

warna2 lembut yang begitu cantik

Koleksi berikutnya adalah kain batik. Desain & warnanya memang ciri khas batik Indonesia. Dari sampel kain yang ada terdapat lebih tujuh desain & warna yang berbeda. Tapi, hanya tinggal 5 warna serta desain ini saja yang ada. Jadi...apalagi....boronglaahh...hehehe. Belum tau mau dijadikan apa batik ini. Tunggu dan lihat nanti yaa???


full colour & design

Sementara untuk koleksi di bawah ini adalah macam-macam kain dari berbagai sumber. Hahahaa...herankan?? Kain flanel hijau & katun strawberry, saya dapat dari koleksi Ibu saya. Kain berwarna krem coklat & krem kuning, saya beli juga di Permasi. Kain ini akan saya gunakan untuk mewujudkan obsesi saya memulai kreasi sulam pita (ribbon embroidery). Sedangkan batik bali oranye, saya dapat dari koleksi kain adik saya, hehehee...Kami memang biasa menukar-nukar koleksi kain yang kami ada...^^. Kain ini udah jelas mau saya buat apa, tapi ditunggu ya...bakal jadi apa dia...heheeh..


koleksi kain dari berbagai sumber^^


Kain bunga-bunga ungu biru adalah kain untuk bahan membuat tas buat Mamak/Ibu saya. Belum dijahit lagi, tapi akan segera dipegang. Insyaallah...!!! Koleksi kain terakhir, kain yang sebenarnya adalah untuk sprei anak-anak berdesain hello kitty. Kain ini seperti panel, tapi panel dengan bidang yang lebar luar biasa. Ini akan saya buat jadi selimut nantinya untuk Azizah, anak saya. Disampingnya adalah kain dengan lebar yang besar juga, bermotif bunga & berwarna krem lembut.

Waah...sudah terlalu panjang cerita saya tentang ini. Semoga semua kain-kain itu akan berubah menjadi barang-barang cantik nantinya. Thanks buat murid-muridku, yang menemani berburu kain waktu itu: Kak NadiaYaniDewi, dan Desi. Wuiiih memang happening sangat waktu itu. Kalau ada waktu lagi, kita berburu lebih lama lagi yaa...??? Dan lebih banyak tempat lagi....!!! #^_^

6 comments:

  1. Hahaha...sama ya aku j juga suka banget berburu kain. Kalo ke pasar pasti deh kalap.com

    ReplyDelete
  2. hahahaah...penyakit kan Phi???...penyakit yang menyebabkan kantong kempes...tapi hati senang...hahahah...jadi noooo proooblemmm...shoopingg musstt gooo ooonnnn....^^

    ReplyDelete
  3. mang suka kalap kalau liat kain cantik2 di toko kain, ^^ selamat berkreasi dengan kain hasil buruannya ya, kak!^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah...penyakit menular yg tdk membahayakan ya Yu...tapi membahayakan kantong...siiip...ditunggu yaa...udah byk kali ide di kepala...tinggal jalan aja...^^ insyaallah...moodnya ngak ilang2 yaa...

      Delete
  4. Replies
    1. heheheh...penyakit crafter yaa...terima kasih mbak sudah berkunjung...

      Delete